Menteri PAN-RB Meresmikan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Ngawi

Spread the love

Ngawi,

Kombes Pagi.com–Pemerintah kabupaten Ngawi, telah melakukan berbagai inovasi dengan menata perangkat daerah, agar terjadi akselerasi kualitas pelayanan publik, dalam rangka menghilangkan stigma negatif terhadap pelayanan publik yang berbelit-belit serta untuk mengintegrasikan pelayanan guna meningkatkan proses kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan, untuk meningkatkan daya saing dan memberikan kemudahan berusaha di kabupaten Ngawi, diantaranya keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) kabupaten Ngawi.

Yang diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas, yang akrab di sapa Azwar Anas. Kamis (27/6/2024).

Dalam sambutannya, Azwar Anas menegaskan pendirian MPP adalah pengintegrasian pelayanan, bukan hanya sekedar fisik gedung yang megah yang berlokasi strategis di kawasan tengah kota.

“MPP merupakan bangunan gedung, tapi sebenarnya roh dan spiritnya adalah pengintegrasian layanan, agar terjadi proses percepat, mudah, lebih murah, dan transparan saat mengurus pelayanan publik,” tegas Azwar Anas.

Dalam pemaparannya saat memberikan arahan pada Peresmian MPP Kabupaten Ngawi di kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dia juga mengapresiasi pemerintah kabupaten Ngawi yang telah menyediakan ruang proporsional untuk mengakses berbagai layanan di satu tempat lewat peningkatan tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Mudah-mudahan MPP Kabupaten Ngawi nantinya akan memberikan pelayanan yang berdampak pada peningkatan kepuasan pada pemeritah kabupaten Ngawi,” tambah Azwar Anas.

Usai meresmikan MPP Kabupaten Ngawi dan melihat langsung aktivitas sejumlah pelayanannya, Azwar Anas menyampaikan apresiasi tinggi atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Ngawi yang mengintegrasikan Mall Pelayanan Publik dengan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM).

“Tidak banyak MPP di Indonesia yang diintegrasikan dengan UMKM seperti di Ngawi. Saya bangga karena MPP Ngawi lokasinya strategis dan sudah lama soft launching, dan harus terus bertransformasi untuk proses meningkatkan dalam mengakses berbagai layanan publik dilakukan di satu tempat berbasis digital kedepannya,” tambah Azwar Anas.

Sementara itu Pj. Gubernur Jawa Timur yang diwakili Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) I Madiun R. Heru Wahono Santoso mengungkapkan peresmian MPP di Ngawi merupakan bentuk komitmen dalam rangka menyediakan layanan yang prima bagi masyarakat.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan semua kabupaten/kota di wilayah Jawa Timur untuk segera memiliki MPP atau MPP Digital.

“Harapan masyarakat pada layanan birokrasi semakin tinggi, maka sebagai birokrat kita harus bisa meningkatkan layanan sesuai harapan tersebut. Layanan publik tidak hanya harus cepat tapi juga transparan, murah, mudah, dan tidak berbelit-belit,” tegasnya.

Adapun saat ini telah terdapat 207 MPP dan 23 MPP Digital yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur, telah dibangun sebanyak 30 MPP, termasuk di dalamnya MPP Kabupaten Ngawi yang hari ini diresmikan.

Di sisi lain, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono yang mendampingi Menteri PAN-RB memaparkan pihaknya telah melakukan soft launching MPP Kabupaten Ngawi, mulai beroperasi pada 11 Desember 2023. Pada awalnya MPP ini baru menyediakan 60 jenis layanan dari 20 instansi.

“Kami berkomitmen untuk menambah layanan dan dengan kolaborasi dari berbagai instansi, saat ini masyarakat di Ngawi bisa mengakses 152 layanan dari 39 instansi pemerintah, ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk memastikan kemudahan pelayanan publik yang cepat, efektif, efisien dan transparan,” tegas Ony.

“Pemerintah Kabupaten Ngawi kini juga telah mengintegrasikan 180 aplikasi menjadi 60 aplikasi dan kita targetkan kedepannya menjadi 10 aplikasi layanan agar lebih ringkas dan mudah bagi masyarakat dalam akses layanan publik berbasis digital,” tambah Ony. (JK)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*