Pavingisasi Jalan Desa Kauman Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Warga

Spread the love

Ngawi,

Kombes Pagi.com – Pembangunan infrastruktur wilayah desa Kauman, kecamatan Widodaren, kabupaten Ngawi, provinsi Jawa Timur, terus berjalan, selain pembangunan yang dilakukan langsung pemerintah kabupaten Ngawi, juga dilaksanakan oleh pemerintah desa, khususnya pembangunan jalan. Salah satunya pembangunan pavingisasi jalan desa yang berada di dusun Paldaplang, dengan memanfaatkan dana desa tahun 2024, sepanjang 500 meter, lebar 4 meter dan ketebalan paving 0,08 meter, dengan anggaran sebesar Rp 435.200.000,- (Empat Ratus Tiga Puluh Lima Juta Dua Ratus Ribu Rupiah), dilaksanakan oleh TPK dengan pola swakelola memanfaatkan tenaga kerja lokal desa setempat.

Pembangunan ruas jalan di dusun Paldaplang dengan maksud dan tujuan dapat meningkatkan aksesibilitas dalam mendukung aktifitas warga dalam segala aspek sosial maupun dalam proses pemenuhan kebutuhan warga guna menunjang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan.

Pembangunan paving jalan yang di laksanakan oleh pemerintah desa Kauman, di dusun Paldaplang merupakan bagian cukup penting mengingat jalan tersebut merupakan akses untuk menunjang peningkatan aktifitas dalam memudahkan warga untuk mengakses berbagai layanan penting seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan tempat kerja serta untuk menunjang berbagai kegiatan di bidang pertanian.

Sudarmanto kepala desa Kauman, memaparkan dengan pembangunan paving jalan di dusun Paldaplang di harapkan terjadi perbaikan tingkat pelayanan jalan yang dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup warga desa Kauman yang mampu meminimalisir dampak sosial dan lingkungan serta terciptanya hasil-hasil pembangunan yang berkualitas.

“Pembangunan paving jalan dusun Paldaplang desa Kauman sendiri merupakan wujud realisasi dari rencana kerja pembangunan desa Kauman tahun anggaran 2024 yang telah ditetapkan dan di laksanakan sesuai dengan prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2024”, tegas Sudarmanto.

“Disisi lain pembangunan paving jalan di dusun paldaplang yang di laksanakan pemerintah desa Kauman diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar dusun dan antar desa serta mampu menghubungkan desa dengan pusat-pusat ekonomi serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial di seluruh wilayah desa Kauman.

Pembangunan insfratruktur jalan desa Kauman sampai saat ini memang belum dapat maksimal, lantaran keterbatasan anggaran, untuk itu pembangunan dilaksanakan secara bertahap, untuk memperoleh hasil yang maksimal”, tambah Sudarmanto. (JK).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*