Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tulungagung Ikuti Festival Dalang Bocah Virtual Tingkat Nasional 2020

Spread the love

Tulungagung, Kombes Pagi – Dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten Tulungagung mengikuti festival dalang bocah tingkat nasional 2020 secara virtual. Dalam festival itu sebagai duta Tulungagung sekaligus duta Jawa Timur lima adalah dalang bocah Danang Sasongko Aji Bawono yang merupakan siswa SMPN 1 Bandung. Adapun shoting pengambilan video bertempat di TB2KS Tulungagung pada Kamis(29/10).

Dalam pidato sambutannya Ririn Andri Wikanthi selaku kepala UPT taman bina bakat dan kompetensi siswa yang dalam hal ini mewakili Plt. kepala dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten Tulungagung mengatakan bahwa dalam festival ini lain dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pagelarannya secara virtual atau melalui video bukan secara pementasan langsung.

“Untuk ini kami haturkan rasa terima kasih kami kepada seluruh pihak yang terlibat dalam festival ini, untuk festival dalang bocah 2020 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena kalau yang dulu penilaiannya melalui pementasan langsung, namun karena adanya Covid-19 ini penilaian secara virtual, jadi kita harus mengirim video,”katanya.

Lebih lanjut Ririn sapaan akrab kepala TB2KS melanjutkan bahwa wakil yang ikut festival ini telah lolos seleksi sampai provinsi.

“Dalam mengirimkan wakil juga tidak asal comot saja, Danang Sasongko ini benar benar lolos dalam seleksi mulai dari tingkat Kabupaten sebagai penyaji terbaik sedangakan pada tingkat provinsi juga sebagai lima penyaji terbaik non ranking,”lanjutnya.

Mengakhiri sambutannya Ririn juga menyampaikan harapannya, “Perlu diketahui bahwa Tulungagung hampir setiap tahun selalu menjadi juara, supaya tradisi ini tetap terjaga saya berharap dalam festival ini kita datang dalam festival untuk menjadi juara, semoga Danang bisa membawa nama besar Tulungagung untuk tetap menjadi juara,”harapnya.

Sementara itu Marsaid yang juga merupakan dalang yang pernah menjuarai festival dalang dalam festival dalang secara umum di era tahun delapan puluhan yang juga selaku orang tua mengungkapkan rasa bangganya.

“Saya selaku orang tua sangat bangga sekaligus degdegan dan tegang karena anak saya Danang telah dipercaya ikut dalam festival dalang nasional kali ini,”paparnya.

Menurut Gufron selaku pembina durasi penampilan atau shoting pagelaran berdurasi empat puluh lima menit.

“Sebenarnya durasi pagelaran festival ini tidak lama hanya sekitar empat puluh lima menit, dan kami secara¬† teliti harus memanfaatkan waktu yang singkat tersebut untuk membuat naskah cerita dengan sebaik baiknya dan tepat waktu, adapun lakon yang dibawakan adalah Sejatine Seno Meguru Durno, harapan saya selaku pembina semoga Danang bisa tetap mengharumkan nama Tulungagung khususnya dan Jawa Timur pada umumnya untuk tetap menjadi yang terbaik dalam festival dalang bocah 2020 ini,”tukasnya. (Bams)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*